Selamat Datang Di Situs Resmi Desa Kumain Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Indonesia

Artikel

Sejarah Desa

21 Mei 2022 00:19:37  Administrator  326 Kali Dibaca 

Kumain merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, provinsi RiauIndonesia. Desa kumain berpenghuni sejak awal tahun 1987 secara bertahap dan secara berkelompok dari Jawa. Penduduk Desa Kumain adalah Ex warga Transmigran dengan system pola Petani Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, yang kemudian masuk wilayah Kecamatan Tandun, kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Penduduk Desa Kumain sebagian besar adalah penduduk pindahan yang berasal dari daerah Jawa, dan sebagian kecil adalah penduduk tempatan atau warga pribumi setempat.

Desa ini pertama kali ditempati oleh warga diberi nama Desa Gajah. Dinamakan desa gajah karena memang pada awalnya di desa ini banyak sekali dihuni oleh kelompok-kelompok gajah liar, yang sehari-hari ditemui oleh penduduk yang pada waktu tengah malam sering datang ke lokasi perumahan penduduk, mereka berjalan-jalan sampai areal perumahan yang berjumlah 40 sampai 50 ekor setiap kelompoknya.

Kumain artinya adalah ikan yang bermain-main, nama ini di berikan oleh bapak camat Tandun karena di desa Kumain ada sebuah sungai yang bernama sungai sipang. Di sungai sipang ditemukan banyak ikan Putihan.

Kategori

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Kumain
Desa : Kumain
Kecamatan : Tandun
Kabupaten : Rokan Hulu
Kodepos : 28552
Telepon : 085263169002
Email : info@kumain.desa.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:24
    Total Pengunjung:20.825
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.227.111.33
    Browser:Mozilla 5.0